MATEMATIKA TH.2017 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Putra, Penelaah : Agung Lukito, Turmudi, Yudi Satria, Muhammad Darwis M,
Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, KemFOdikbud. Th.2017
ISBN 978-602-427-114-5 (jilid lengkap)ISBN 978-602-427-115-2 (jilid 1)
Pembelajaran matematika diarahkan agar peserta didik mampu berpikir
rasional dan kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama, jujur,
konsisten, dan tangguh menghadapi masalah serta mampu mengubah
masalah menjadi peluang. Guru memampukan peserta didik untuk
menemukan kembali berbagai konsep dan prinsip matematika melalui
pemecahan masalah nyata di lingkungan budayanya. Aktivitas peserta didik
mengonstruksi berbagai konsep, sifat, dan aturan matematika melalui
pemecahan masalah kompleks. Komunikasi dan kerjasama di antara peserta
didik dalam memahami, menganalisis, berpikir kritis dan kreatif dalam
memecahkan masalah menjadi fokus utama dari guru.
Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antar materi matematika di dalamnya. Dalam kajian konsep dan prinsip matematika sangat tergantung semesta pembicaraan yang disepakati dan pertimbangan jangkauan kognitif peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Misalnya dalam mempelajari limit fungsi, disepakati daerah asal (domain) fungsinya adalah himpunan yang banyak anggotanya tak berhingga untuk pemenuhan titik c sebagai titik kumpul (cluster point) dari domain fungsi, beberapa konsep juga tidak didenisikan , yang harus mendapat perhatian guru..
Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antar materi matematika di dalamnya. Dalam kajian konsep dan prinsip matematika sangat tergantung semesta pembicaraan yang disepakati dan pertimbangan jangkauan kognitif peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Misalnya dalam mempelajari limit fungsi, disepakati daerah asal (domain) fungsinya adalah himpunan yang banyak anggotanya tak berhingga untuk pemenuhan titik c sebagai titik kumpul (cluster point) dari domain fungsi, beberapa konsep juga tidak didenisikan , yang harus mendapat perhatian guru..
BAHASA INGGRIS TH.2017 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Penelaah : Helena I. R. Agustien, Emi Emilia, dan Raden Safrina
Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, KemFOdikbud. Th.2017
ISBN 978-602-427-106-0 (jilid lengkap)ISBN 978-602-427-107-7 (jilid 1)
Book Review
Ketercapaian KI 1 disisipkan secara tersirat, namun demikian dalam
beberapa bab dituangkan secara tersurat, dalam bentuk aktivitas
pembelajaran yang menggugah kesadaran siswa akan eksistensi dirinya
sebagai makhluk yang bertuhan dan memiliki tugas untuk berbuat baik
bagi alam dan sesamanya. Untuk KI 2, pengalaman belajar disajikan dalam
bentuk kegiatan mandiri, berpasangan, dan berkelompok. Kegiatan ini
diharapkan dapat membangun kemandirian belajar siswa, rasa toleransi,
dan kebersamaan dengan sesama, serta kompetensi sosial lainnya yang
diperlukan dalam kehidupan. Ketercapaian KI 3 dan KI 4 dilakukan secara
terpadu melalui bahan dan kegiatan pembelajaran menyimak, membaca,
berbicara, dan menulis yang telah dikembangkan dengan merujuk pada
langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik.
Prinsip umum yang dirujuk dalam pengembangan buku ini adalah bahwa belajar bahasa asing memerlukan input bahasa berupa kosakata dan tatabahasa, memerlukan latihan dan pengulangan untuk retensi kosakata dan tatabahasa, serta memerlukan penyediaan kesempatan sebanyak mungkin untuk menggunakan bahasa tersebut secara aktif. Hanya dengan terlibat aktif dalam kegiatan berkomunikasi, siswa dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkomunikasi..
Prinsip umum yang dirujuk dalam pengembangan buku ini adalah bahwa belajar bahasa asing memerlukan input bahasa berupa kosakata dan tatabahasa, memerlukan latihan dan pengulangan untuk retensi kosakata dan tatabahasa, serta memerlukan penyediaan kesempatan sebanyak mungkin untuk menggunakan bahasa tersebut secara aktif. Hanya dengan terlibat aktif dalam kegiatan berkomunikasi, siswa dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkomunikasi..
SEJARAH INDONESIA SM 1 TH.2016 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Penelaah : Purnawan Basundoro, dan Dadang Supardan.
Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, KemFOdikbud. Th.2016
ISBN 978-602-282-496-1 (jilid lengkap)ISBN 978-602-282-497-8 (jilid 1a)
Beberapa hal yang perlu diketahui oleh siswa dan para
pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pembelajaran
sejarah.Dalam K 13 ini diharapkan siswa tidak hanya menghafal
tetapi juga mampu melakukan penulisan dan mendiskripsikan dari
setiap peristiwa sejarah yang terjadi.Selain itu siswa diharapkan
dapat mengkaitkan berbagai peristiwa di daerahnya dengan
peristiwa yang terjadi tingkat nasional maupun global. Untuk itulah
kemampuan melakukanan alisis berbagai peristiwa sejarah sangat
diperlukan. Untuk itu siswa diwajibkan selain membaca bukuini, juga
harus mencari sumber-sumber rujukan lain yang relevan. Sehingga
dengan mempelajari sejarah, diharapkan siswa bisa mengambil
nilai-nilai setiap peristiwa sejarah yang terjadi untuk memperkuat
rasa cinta tanah air, bangga dan meningkatkan nasionalisme
SEJARAH INDONESIA SM 2 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Penelaah : Purnawan Basundoro, dan Dadang Supardan
Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
ISBN 978-602-282-496-1 (jilid lengkap)ISBN 978-602-282-498-5 (jilid 1b)
Buku yang ada
di tangan kalian ini sudah beberapa kali mengalami revisi perbaikan.
Mungkin muncul pertanyaan dari para siswa apa perbedaan buku
Kurikulum 13 (K 13) dengan buku kurikulum sebelumnya? Untuk
itu ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh siswa dan para
pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pembelajaran
sejarah.Dalam K 13 ini diharapkan siswa tidak hanya menghafal
tetapi juga mampu melakukan penulisan dan mendiskripsikan dari
setiap peristiwa sejarah yang terjadi.Selain itu siswa diharapkan
dapat mengkaitkan berbagai peristiwa di daerahnya dengan
peristiwa yang terjadi tingkat nasional maupun global. Untuk itulah
kemampuan melakukanan alisis berbagai peristiwa sejarah sangat
diperlukan. Untuk itu siswa diwajibkan selain membaca bukuini, juga
harus mencari sumber-sumber rujukan lain yang relevan. Sehingga
dengan mempelajari sejarah, diharapkan siswa bisa mengambil
nilai-nilai setiap peristiwa sejarah yang terjadi untuk memperkuat
rasa cinta tanah air, bangga dan meningkatkan nasionalisme
Terwujudnya buku ini tidak terlepas dari peran beberapa penulis sebelumnya untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Prof. Dr. Wasino; Dr. AgusMulyana; Prof, Dr. Mestika Zed, Drs. Wahdini Purba, M.Pd. Terimakasih pula kepada Prof. Dr. Hamid Hassan, Prof. Dr.Taufik Abdullah, Dr. AnharGonggong yang telah membaca draft naskah buku ini dan member beberapa masukan penting untuk perbaikan naskah ini. Kepada para penelaah Prof. Dr. Haryono, Dr. Muh. Iskandar, Dr. Mumuh Muhsinyang ditunjuk oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud kami ucapkan terimakasih atas segala masukannya. Terimakasih kepada Tim dari Puskurbuk yang telah bekerja sejak tahun 2012 sampai dengan 2016 untuk mendampingi penyelesaian buku ini.
Terwujudnya buku ini tidak terlepas dari peran beberapa penulis sebelumnya untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Prof. Dr. Wasino; Dr. AgusMulyana; Prof, Dr. Mestika Zed, Drs. Wahdini Purba, M.Pd. Terimakasih pula kepada Prof. Dr. Hamid Hassan, Prof. Dr.Taufik Abdullah, Dr. AnharGonggong yang telah membaca draft naskah buku ini dan member beberapa masukan penting untuk perbaikan naskah ini. Kepada para penelaah Prof. Dr. Haryono, Dr. Muh. Iskandar, Dr. Mumuh Muhsinyang ditunjuk oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud kami ucapkan terimakasih atas segala masukannya. Terimakasih kepada Tim dari Puskurbuk yang telah bekerja sejak tahun 2012 sampai dengan 2016 untuk mendampingi penyelesaian buku ini.
0 komentar